Jumat, 20 Januari 2017

Tempat Wisata Ngawi yang Recommended

Tempat Wisata Ngawi 

 



Kali ini tulisan gue bakalan ngebahas tempat wisata yang ada di kota kelahiran gue "Ngawi", meski mungkin di pelosok Indonesia ini banyak orang yang belum tau kota Ngawi, kota yang tenang, kota kecil yang menyimpan sisi sejarah di Zaman penjajahan Belanda.

Kabupaten Ngawi ini berada di ujung provinsi Jatim, berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Kalo dari sisi perbatasan daerah, sisi selatan Ngawi berbatasan dengan kabupaten Magetan dan Madiun, Timur Madiun Caruban, Utara Cepu dan Bojonegoro, dan sisi barat berbatasan dengan Sragen. Ohya, Gunung Lawu sebagian wilayahnya juga masuk daerah Kabupaten Ngawi.



Lokasi yang strategis membuat kabupaten Ngawi ini sangat mudah diakses dengan berbagai jenis transportasi umum, So, tentu akan lebih mudah buat berkunjung ke tempat-tempat wisata Ngawi. Bus bus gede Jogja - Surabaya, slalu nglewatin Ngawi. tahu kan, Sugeng Rahayu, Mira, Lorena, Eka,dll... pasti tau deh yang ikut komunitas telolet, tau banget.
 
Kalian, berencana buat menghabiskan liburan di kabupaten Ngawi? Penasaran ada apa aja tempat wisata Ngawi yang paling recommended? Yuk simak top list tempat wisata di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang bisa jadi referensi buat kamu liburan selanjutnya :

Air Terjun Pengantin


Air terjun pengantin merupakan objek wisata yang lumayan populer di Ngawi karena dikenal dengan keindahan panoramanya. Saking populernya, objek wisata ini bahkan menjadi salah satu inspirasi dari sebuah film layar lebar bergenre horror di Indonesia. 

Kamu mungkin masih ingat dengan film ber-genre slasher thriller yang dibintangi oleh artis Tamara Bleszynski berjudul Air Terjun Pengantin. Nah, siapa sangka kalau air terjun Pengantin ini beneran ada di Ngawi.

Lokasi dari air terjun Pengantin ini sendiri berada di desa Hargomulyo, Ngrambe Kabupaten Ngawi, kaki Gunung Lawu. Selain menawarkan pemandangan air terjun yang eksotis dan suasana hutan yang sangat khas, Air Terjun Pengantin juga dikenal dengan mitosnya yakni jika ada pasangan kekasih atau suami dan istri datang ke air terjun ini, konon mereka bisa menjadi pasangan selamanya. konon, katanya loh ya... (tanda kurung)

Air Terjun Srambang


Masih seputar wisata air terjun, kali ini juga ada sebuah air terjun di tempat wisata di Kab Ngawi yang nggak kalah indahnya yakni Air Terjun Srambang. Berada di desa Girimulyo, Jogorogo, Kabupaten Ngawi, air terjun eksotis satu ini menawarkan udara yang sangat sejuk serta panorama air terjun yang cantik berpadu dengan hutan pinus yang mengelilingi di sekitarnya. Air terjun Srambang juga punya mitos unik yang dipercaya oleh masyarakat di sekitarnya, yakni jika pengunjung membasuh wajah dengan air di air terjun Srambang ini maka dipercaya bisa panjang umur dan awet muda. Di daerah Srambang juga merupakan akses jalur Gunung Lawu via Jogorogo Ngawi. Namun jalur ini belum termasuk jalur resmi untuk pendakian.




Air Terjun Suwono



Air Terjun Suwono, Air Terjun ini berada di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Suasana pedesaan yang sangat sejuk dan juga kondisi alam yang alami, menambah daya tarik tersendiri buat para pecinta alam untuk menikmati keindahan alam pegunungan. Air terjun ini emang terpencil letak nya namun keindahan dan kesegaran suasananya membuat kita pengen berlama – lama disana. Jaraknya cuman sekitar 7 Km dari Pasar Ngrambe. Akses menuju ke lokasi ini, bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Yang jelas, siapkan kesehatan kendaraan kamu untuk menanjak. Sayangnya untuk fasilitas pendukung belum cukup tersedia, masih murni dikelola oleh warga setempat.



Argowisata Kebun Teh Jamus


Salah satu destinasi wisata alam yang pastinya nggak akan mengecewakan adalah pergi ke kebun teh. Selain panorama hamparan hijau kebun teh yang sangat indah, suasana sejuk yang ditawarkan setiap pergi ke kebun teh juga tentunya bisa memberi kesegaran tersendiri. Seperti salah satu kebun teh paling indah di Jawa Timur adalah di perkebunan teh Jamus, kabupaten Ngawi. Disini kamu akan dimanjakan dengan suasana alam sekitar yang masih sangat asri, yang dikelilingin perbukitan unik berundak.

Masyarakat setempat menyebut bukit ini sebagai bukit Borobudur karena bentuknya yang menyerupai candi berundak. Nggak hanya itu, di wisata Jamus Ngawi yang satu ini juga terdapat fasilitas wisata tambahan buat pengunjung yakni outbond. Selain agrowisata kebun teh yang pemandangannya istrimewa, kamu juga bisa menikmati beberapa hal menarik, seperti flying fox, melihat proses pembuatan teh, sampai bermain air di Sumber Mata Air Lanang. Kamu juga bisa membawa pulang teh rasa kopi khas Jamus untuk diseduh di rumah. Dijamin seru deh!! Kebun Teh Jamus ini terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine.





Embung Kuniran



Embung seluas 4 Ha ini dibangun di dusun Krajan desa Kuniran kecamatan Sine. Selain berfungsi sebagai pengairan atau irigasi. Juga berfungsi sebagai wisata terbaru khusus di wilayah Ngawi. Banyak pengunjung yang suka mengabadikan fotonya di lokasi wisata ini. Untuk sekedar selfie dan wefie buat dipajang di social media mereka. Biar kekinian.... Eitss, tapi jangan nyoba nyoba nyemplung, Dalem soalnya...
 




Bumi Perkemahan Selondo



Bumi Perkemahan Selondo ini berada di Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo berada di sebelah utara Lereng Gunung Lawu. Kegiatan Out Bond seperti rock climbing , halang rintang , bumi perkemahan bisa kamu lakukan di kawasan ini. Hal ini didukung keindahan alam yang asri di kawasan ini , hawa sejuk , hutan yang rindang dan tebing – tebing yang terjal, yang bakalan ngebuat kamu betah buat cari inspirasi dan menghilangkan kepenatan.

 

Waduk Pondok


Bagi yang suka dengan wisata air, sayangnya di kabupaten Ngawi ini ternyata nggak ada objek wisata pantai karena emang lokasi kabupatennya nggak berada di daerah pesisir. Tapi kamu nggak perlu khawatir karena ada objek wisata air yang cukup populer di wisata Ngawi  yakni Waduk Pondok. Ragam aktivitas seru bisa dilakukan disini, seperti memancing, berkeliling waduk dengan jetski atau perahu, atau bisa juga memanfaatkan landscape waduk yang berpadu apik dengan hutan jati di sekitarnya sebagai latar berfoto.

Untuk pengunjung yang tertarik ingin berkunjung ke Waduk Pondok ini, waktu kunjung yang direkomendasikan adalah di bulan Muraham, dimana pada bulan ini biasanya ada ritual unik masyarakat sekitar yakni ritual nyadran yang seringkali menyedot perhatian banyak orang. Lokasinya berada di Desa Kedungprahu.




Waduk Sangiran



Waduk Sangiran terletak di desa Sumber Bening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi lokasinya merupakan perbukitan sehingga kita dapat melihat pemandangan yang indah, selain waduk yang luas dengan potensi ikan yang melimpah seperti tombro, bandeng, gabus, nila, patin. Disini terdapat fasilitas seperti : Gasebo, Rumah Makan, Karamba, Perahu Pemancingan dan Lokasi ini juga cocok untuk tempat out bond


Goa Lowo



Goa Lowo, atau dalam bahasa indonesia Gua Kelelawar. Gua ini terletak 5 Km di utara kota Ngawi, tepatnya di Desa Pitu, Ngawi. Tempatnya agak menjorok ke dalam dari jalan raya Pitu. Gua ini cukup mistis, dan banyak kelelawar yang hidup di gua ini. Bahkan mungkin juga Batman pernah tinggal disini. Gua ini merupakan peninggalan zaman penjajahan Jepang dahulu kala.




. Tempatnya agak menjorok daLetaknya sekitar 5 km dari arah kota Ngawi. Gua ini tak begitu terkenal namun masyarakat sekitar cukup mengenalnya. - See more at: http://www.anasuciana.com/2014/07/mencari-jejak-kelelawar-di-guwo-gua.html#sthash.HDG6Pfxo.dpuf


Rumah Batu



Bangunan dengan luas ± 400 m2  yang terletak di lereng gunung Lawu ini dibangun dengan menggunakan material 100% dari Batu. Batu-batu ini disusun tanpa menggunakan bahan lain selain batu alam. Dibangun pada  Tahun 1977 dengan menggunakan peralatan yang sederhana batu-batu alam tersebut dipotong  dan kemudian disusun  hingga terbentuklah rumah batu ini. Didukung dengan suasana alam yang masih asri, rumah batu Hargomulyo ini layak jadi pilihan wisata rekreasi untuk mengagumi arsitektur cantik  in.


Waterboom Tirto Nirmolo


Selain waduk Pondok, ada juga nih tempat wisata terbaru di Ngawi berupa objek wisata air yang seru dan cocok untuk liburan bareng keluarga yakni di Waterboom Tirto Nirmolo. Berlibur ke Waterboom Tirto Nirmolo ini pastinya akan jadi tempat favorit keluarga terutama anak-anak, karena fasilitas waterboom yang lengkap dan ada arena khusus untuk anak-anak. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati misalnya ada outbond area, perahu air, kereta gantung, dan ada juga aneka sajian wisata kuliner Ngawi, dan pastinya kolam renang. Akses untuk menuju ke Waterboom Tirto Nirmolo juga cukup strategis, yakni berada di desa Tempuran, Kec Paron, Ngawi.


Pemandian Tawun


Bagi kamu yang mencari tempat wisata di Kota Ngawi Jawa Timur yang murah meriah namun mengesankan, bisa banget nih berkunjung ke Pemandian Tawun. Disini ada banyak fasilitas rekreasi seru yang cocok menjadi tujuan liburan keluarga.Berada di desa Tawun, sekitar 7 km ke timur dari pusat kota Ngawi, Pemandian Tawun ini merupakan objek wisata yang berupa mata air yang digunakan untuk kolam pemandian atau kolam renang. Untuk kamu yang penasaran dan berencana akan berkunjung kesini, waktu yang tepat untuk datang adalah hari Selasa Kliwon, dimana pada hari tersebut biasanya masyarakat sekitar rutin melakukan ritual adat yang dinamakan Keduk Beji Tawun atau pembersihan kolam mata air. Selain itu, Di taman wisata Tawun ini ada beberapa fasilitas wisata tambahan yang bisa dinikmati seperti mini zoo hingga ada juga fasilitas untuk memancing.




Pemandian Hargo Dumillah





Bagi wisatawan yang ingin liburan seru sambil berelaksasi, ada Pemandian Hargo Dumilah yang terletak di Kecamatan Ngrambe, dan pengunjung wajib datang ke Desa Setono yang jarak tempuhnya hanya 30 kilometer di sebelah selatan kota Ngawi. Berada di lereng Gunung Lawu, lokasi pemandian ini memiliki air yang memang sumber mata airnya berasal dari Gunung Lawu.

Sesudah berpuas-puas menikmati kesegaran pemandangan dan air yang ada di pemandian ini, jangan lupa mampir ke sebuah resto dengan nuansa pegunungan dan pedesaan yang ada di kawasan pemandian. Cobalah ragam masakan bakso dan ikan yang menjadi menu andalan di resto lesehan berbambu tersebut.

Benteng Pendem Ngawi


Jika sebelumnya berbicara tentang objek wisata alam, nah wisata Ngawi benteng yang satu ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang populer di Jawa Timur. Benteng Pendem merupakan salah satu bangunan saksi sejarah saat masa kolonial Belanda. Awalnya benteng ini memiliki nama benteng Van Den Bosch. Namun karena keunikan bangunannya yang lebih rendah dari tanah di sekitarnya, maka benteng ini kemudian lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem (berasal dari kata terpendam). Berkunjung ke benteng Pendem ini, pastinya pengunjung akan dibuat terpukau dengan arsitektur bangunan yang khas, serta ada banyak benda-benda peninggalan sejarah seperti penjara bawah tanah, gudang persenjataan, hingga barak tentara Belanda yang bisa ditemui disini. Terletak di Kelurahan Pelem, Ngawi, Benteng Pendem ini dulunya (sekitar tahun 1825 sampai 1830) merupakan tempat pertahanan tentara Belanda di wilayah Madiun ketika perang Diponegoro, dimana pada tahun 1825 saat itu pemerintah Belanda berhasil menduduki Ngawi dan menjadikan Benteng Pendem sebagai tempat untuk menguasai jalur perdagangan di Jawa Timur.

Museum Trinil


Masih berbicara mengenai wisata sejarah, kali ini kita berpindah ke Museum Trinil. Jika sebelumnya kita membahas tentang sejarah masa kolonial Belanda di Benteng Van Den Bosch, Museum Trinil ini merupakan tempat tersimpannya beragam peninggalan sejarah kehidupan manusia di masa purba. Disini pengunjung dapat melihat langsung fosil manusia purba yang ditemukan di Ngawi oleh ilmuwan Eugene Dubois yang diberi nama Pithecanthropus Erectus. Selain itu, ada juga aneka fosil makhluk hidup di zaman purba lainnya yang menjadi koleksi Museum Trinil ini. Museum Trinil sendiri berada di desa Kawu, Kedunggalar Ngawi, sekitar 15 km dari pusat kota Ngawi.

 

 

Monumen Soerjo


Bagi masyarakat Jawa Timur terkhusus masyarakat di Ngawi pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama Soerjo, mantan gubernur Jawa Timur yang gugur karena tragedi PKI 1948. Untuk mengenang beliau, maka terbentuklah sebuah monumen yang dikenal dengan nama Monumen Soerjo. Berada di lokasi yang strategis, dikelilingi pohon rindang dan spot tempat beristirahat, menjadikan kawasan Monumen Soerjo ini bisa juga menjadi tujuan liburan. Monumen yang sangat ikonik di Ngawi ini juga nggak kalah populer dengan wisata Ngawi air terjun pengantin dan wisata lainnya.


Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat



Masih berbicara tentang tokoh di Ngawi, tentu nggak terlepas dari nama Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Radjiman Wedyodiningrat merupakan tokoh pendiri BPUPKI atau Badan Pergerakan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. 

Meski telah berusia lebih dari 134 tahun, rumah tua yang terletak di Dusun Dirgo, Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tersebut masih berdiri kokoh. Beberapa sudut bangunan terlihat baru saja direnovasi, namun nggak meninggalkan bentuk aslinya. Warga desa setempat menyebut rumah tua itu dengan "Kanjengan", yakni rumah kediaman dr Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat, sang pahlawan bangsa yang tak terlupakan

Di rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat, yang kini digunakan sebagai sebuah museum bersejarah, terdapat banyak koleksi peningalan sejarah yang digunakan Dr. Radjiman Wedyodiningrat seperti alat rumah tanggga dan yang lainnya.

Pesanggarahan Srigati


Untuk objek wisata Ngawi Jawa Timur yang satu ini agak unik dibandingkan dengan objek wisata yang lainnya. Hal ini karena Pesanggarahan Srigati merupakan sebuah objek wisata bernuansa spiritual yang sangat kental dengan unsur mistis, dimana biasanya orang datang ke tempat ini untuk bersemedi, pesanggrahan srigati menyatu dengan alas ketonggo yang cukup terkenal horror. Setiap hari Jumat Pon dan Jumat Legi ketika masuk bulan Syuro, biasanya di Pesanggarahan Srigati ini dilakukan sebuah ritual adat yang dinakaman Ganti Langse. Tempatnya berada, di desa Babatan, Kec. Paron, Ngawi.

Kerajinan Jati Gembol

Nggak hanya punya banyak wisata, namun Ngawi juga punya hasil karya kreatif yang berdaya jual tinggi yakni kerajinan seni Jati Gembol. Disini terdapat banyak hasil kerajinan unik dari kayu jati yang sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan dari Ngawi. Beragam kerajinan tersebut juga banyak diincar oleh para kolektor barang antik baik dari dalam maupun luar negeri.Selain itu, Ngawi juga punya industri gamelan yang hingga kini masih eksis, dimana seni bermain gamelan ini tentu sangat penting untuk dilestarikan.




Industri Kripik tempe Ngawi




Selain diposisikan sebagai pelengkap makanan utama, tempe juga dikenal sebagai jajanan tradisional yang lezat dan sehat. Biasanya tempe diolah untuk dijadikan lauk pada makanan. Tapi ada juga beberapa orang yang menjadikannya sebagai keripik. Camilan ini banyak dijumpai di beberapa kota yang ada di Jawa Timur. Seperti Malang dan Ngawi. Di Kabupaten Ngawi pembuat keripik tempe dapat dijumpai di Desa Sadang, Prandon.


Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Ngawi yang recommended buat dikunjungin. Terbukti kan? Untuk bisa merasakan liburan yang menyenangkan nggak perlu jauh-jauh dan nggak perlu merogoh kocek yang banyak. Bagi kamu yang berdomisili di kawasan Jawa Timur dan sekitarnya bisa banget tuh coba liburan di tempat-tempat wisata asik yang ada di Ngawi. Meski banyak orang menganggap bahwa Ngawi hanyalah kota kecil, tapi ternyata kota ini menyimpan beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks ya udah mampir baca... share, like, dan komen juga boleh :)