Senin, 11 Desember 2017

Kawah Candradimuka Gunung Lawu

Menyusuri Kawah Candradimuka Gunung Lawu

Berpetualang ke tempat yang jarang dikunjungin... Yap kawah ini boleh jadi adalah sisi lain gunung lawu, lokasinya tersembunyi dan jauh dari trek pendakian. Kalian yang melewati Jalur pendakian Lawu via Cemoro Kandang pastinya pernah mencium bau belerang yang sangat menyengat di Pos 2 Taman sari atas. Aroma belerang tersebut berasal dari kawah legendaris ini.

Sore itu jam 16.00 gue tiba di Basecamp cemoro kandang. Ngisi perut dan kemudian sholat Ashar, kemudian gue berencana treking setelah Magrib. Ya karena Basecamp sampe POS 2 Taman Sari atas kan nggak membutuhkan waktu yang lama, mungkin sekitaran 2,5-3 jam an, kita akan tiba di POS 2.

Jadi... Setelah kelar magriban, gue registrasi pendakian dan habis itu Stretching sebelum treking... Tepat jam 19.00 gue menyusuri trek pendakian cemoro kandang, malam itu hawa gak begitu dingin, namun cukup mistis. Sampe pertengahan jalan sebelum pos 1, gue beristirahat sebentar... Dan gaktau kenapa diatas pohon ada yang maen lempar lemparan dan pohon goyang kenceng banget, ahhh... Apalagi ini ya Allah... "Lindungi hambamu ya Allah dari gangguan astral yang gak sopan sekali". (Dalam hati). Tanpa kelamaan gue pun bergegas melanjutkan perjalanan, hingga tiba sampe pos 1 taman sari bawah. Istirahat sebentar, kemudian lanjut lagi menuju Pos 2. Sekitar jam 21.40 gue sampe di Pos 2. Disana udah ada beberapa rombongan pendaki yang camp, mungkin mereka mau ke puncak. Suhu mulai agak dingin, dan gue segera ngebangun tenda.

Tenda kelar berdiri, kemudian bikin teh dan maem coklat, trus gue istirahat. Plan emang keesokan harinya gue akan ke kawah candradimuka.

Zzzzzzzz.......

Dan Pagi pun datang, Subuhan... Kemudian bikin kopi, sebat, trus bikin sarapan... Sampe jam 09.00 lah pokoknya.

Setelah itu gue bersiap menuju kawah dengan bawa daypack doang, berisi air minum dan makanan ringan. Serta jas hujan.

Sebelum menuju kawah kita harus menyusuri turunan dan jurang yang sangat curam di belakang Pos 2... (disarankan memakai webbing atau tali, buat mempermudah saat kita turun menuju aliran sungai dibawah Pos 2, karena licin dan curam). Lumayan banget nguji adrenalin..

Lebih sulit dari yang terlihat,hehehe...

Setelah sampai bawah dan melewati ujian pertama yaitu turunan curam tadi,  kita akan nglewatin ujian kedua yaitu menyusuri trek berbatu yang mungkin dulunya merupakan bekas aliran sungai lahar dingin. Trek didominasi bebatuan dan aliran sungai kecil, serta tumbuhan cantigi, dan banyak lumut, serta dikelilingi tebing-ebing yang gagah dan menakjubkan banget deh pokoknya.

Mendekati kawah bau belerang akan sangat menyengat, dan aliran sungai tadi jadi mendidih. Gue gak berlama-lama disini. Saran gue... Basahilah scarf atau buff  dengan air, supaya meminimalisir aroma gas beracun belerang... Ohya, jangan lupa meninggalkan tanda dari titik awal hingga menuju kawah, supaya nggak tersesat ya.

Awesome banget deh ni kawah, juga instagramable banget view nya. Kelar foto-foto gue pun bersiap kembali menuju Pos 2 lagi, karena hujan mulai membasahi bumi.

So...Kurang lebih dibutuhkan waktu 30 menit - 1 Jam untuk menuju kawah candradimuka dari Pos 2.

Overall, keindahan gunung nggak harus soal puncak, banyak sisi lain yang mungkin bisa kita jelajahi dan singgahi.