Senin, 14 September 2015

Apa itu MOUNTAINEERING ??




Aktifitas pendakian saat ini udah jadi primadona segala penjuru dunia. Karena kesenangan tersendiri mencapai puncak punya daya tarik keindahan alam yang luar biasa. Maka banyak orang merogoh koceknya ke toko khusus alat pendakian sampai toko online buat mempersiapkan diri mendaki.

Berikut macam montaineering yang tepat kamu ketahui sebelum mendaki dan sebenarnya jadi salah satu syarat selamat pendakian:


  1. Berjalan (hill walking) sebenarnya kegiatan ini termasuk dalam pendakian gunung. Hill walking merupakan kegiatan paling populer dan banyak dilakukan di Indonesia. Hal ini disebabkan struktur pegunungan di Indonesia menonjolkan keindahan alam, Indonesia punya segunung gudang keindahan, dan itu nggak bisa dipungkiri.
  2. Memanjat (rock climbing) meski sekarang ini terpisah dari kegiatan pendakian namun masih cabang dari mountaineering tadi.Kamu akan dituntut membawa berbagai alat dan benar-benar ahli dalam bidang ini yang menjadi syarat selamat pendakian.
  3. Mendaki gunung es (ice & snow climbing) keduanya nggak bisa dipisahin karena struktur pegunungan es nggak bisa di duga. Agar syarat selamat pendakian lebih terjamin biasanya didalamnya mencakup: mountcamping, navigasi medan dan peta, mount resque, teknik-teknik rock climbing, pppk pegunungan, dan lain-lain, buanyak.

Langkah Prosedur Pendakian 
Sebagai standar syarat selamat pendakian kamu akan lebih terjamin kalo minimal memerhatikan tiga langkah dibawah ini yang umumnya digunakan para pecinta alam, yaitu :
  1. Persiapan awal syarat selamat pendakian:
  • Lebih cerdas bila kita berkelompok dan nentuin pengurus panitia pendakian tujuan gunung yang di impikan. Sebab akan memudahkan kita ketika membutuhkan pertolongan mendadak. Terlebih bila anggota atau minimal salah satu anggota dari kelompok kita udah terlatih akan semakin bisa meminimalkan hal yang nggak diinginkan, artinya memaksimalkan syarat selamat pendakian.
  • Siapkan fisik dengan sering berolahraga, sebenarnya nggak perlu maksain diri, namun secara rutin sudah mengolah otot agar nggak terjadi kram dan sebagainya sebagai langkah awal syarat selamat pendakian. Selain itu persiapan mental jadi kunci utama agar tetap tenang dalam kondisi apapun dari kemungkinan yang nggak diinginkan dan mampu mengatasi permasalahan ketika terjadi sesuatu hal.
  1. Dalam melakukan pendakian akan lebih bagus jika kita atau salah satu dari anggota sudah pernah mendaki gunung tersebut. Namun biasanya tantangan dan alasan kenikmatan lebih memilih gunung yang belum kita kenal sebelumnya, syarat selamat pendakian yang harus diperhatikan adalah membawa guide.
Sedangkan dalam pelaksanaannya bentuklah kelompok menjadi tiga agar syarat selamat pendakian semakin maksimal, yakni:
  • Kelompok pelopor, lebih dikenal sebagai ketua atau koordinator tim.
  • Kelompok inti
  • Kelompok penyapu, berada paling belakang yang menjaga anggota dari kelelahan.
Selama perjalanan mendaki, tetaplah jaga anggota kita! Artinya selama pendakian yang paling utama adalah kekompakan anggota. Sebab syarat selamat pendakian yang paling utama adalah memerhatikan kondisi anggota.
  1. Evaluasi akan membantu perbaikan kegiatan pendakian yang akan datang.
Persiapan Mendaki Gunung 
  1. Pengenalan Medan
Orientasi mengenal gunung yang akan dituju nggak boleh ditinggalkan sebagai syarat selamat pendakian. Pengenalan mulai dari keadaan perjalanan pendakian akan memungkinkan kita membawa peralatan yang dibutuhkan. Selain itu cuaca gunung yang nggak menentu akan diketahui dari standar rata-rata cuaca gunung yang akan kita daki. Sehingga pengenalan ini membantu persiapan syarat selamat pendakian dengan membawa kebutuhan peralatan pendakian. 
  1. Persiapan Fisik
Syarat selamat pendakian berikutnya masalah kelenturan tubuh akan menjauhkan kita dari kram otot bahkan mengurangi resiko kejang otot setelah mendaki.  
  1. Persiapan Tim
Menentukan pembagian tim dengan tiga aspek(koordinator, anggota inti, dan penyapu) dan jumlah tim berpengaruh terhadap kesuksesan pendakian. Semakin banyak jumlah anggota pendakian akan semakin lambat dan sulit dalam mengondisikannya. Oleh karena itu syarat selamat pendakian dalam pembagian tim berjumlah kurang lebih enam orang. 
  1. Perbekalan dan peralatan

Bahaya di gunung 
Sebenarnya dalam kegiatan mendaki dengan persiapan yang maksimal pun nggak bisa dipungkiri selalu saja ada masalah internal(anggota/individu) dan eksternal(kondisi gunung). Maka syarat selamat pendakian menjadi tujuan terpenting meski sebenarnya kita menginginkan kenikmatan dalam mendaki. Maksudnya anda bisa mengetahuinya dibawah ini: 

Faktor Internal
Kemampuan dalam mendaki setiap individu menentukan syarat selamat pendakian lebih besar. Sebab setiap anggota dituntut memenuhi kebutuhannya sendiri agar selalu terjaga kesehatannya. Maka yang paling berpengaruh yaitu: pengetahuan pendakian, pengalaman, kemampuan membaca permasalahan dan menangkap kebutuhan pendakian.

Faktor Eksternal 
Secara teknis gangguan ini berasal dari alam itu sendiri, misal seperti cuaca, curah hujan, angin, dan lain sebagainya. Rasa yang semakin menginginkan sampai puncak akan mendorong kita untuk melupakan syarat selamat pendakian. Oleh karena itu kadang kebutuhan gizi dan peranan panas tubuh sering kita lupain.

Demikian yang bisa jadi pegangan kita ketika ingin mendaki mendapatkan kesenangan paling berbeda daripada hobi yang lain. Selain mendapat hadiah keindahan alam yang luar biasa kamu akan diuji syarat selamat pendakian dengan harapan sehat selamat sampe rumah. Semoga pendakianmu aman dan menyenangkan.

Baca artikel lainnya di : Traveler Minim dana

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks ya udah mampir baca... share, like, dan komen juga boleh :)