Minggu, 04 Februari 2018

Danau Taman Hidup


Danau Taman Hidup



Danau Taman Hidup, sebuah nama yang cukup unik.. Danau ini emang nggak setenar dan seramai Ranukumbolo Semeru atau juga segara anak Gunung Rinjani. But,,, danau ini sangatlah menyimpan keindahannya tersendiri. Tenang, sunyi, eksotis dan mistis.




Danau yang terletak pada ketinggian 1980 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini merupakan salah satu danau yang terdapat di Suaka Margasatwa (SM) Dataran Tinggi Yang. 

Danau Taman hidup dikelilingi hutan hujan tropis pegunungan dengan banyak pohon-pohon besar yang masih mudah kita temuin.


Danau Taman Hidup, Gunung Argopuro merupakan sebuah danau yang berada  di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Jika kamu mengunjungi kota Probolinggo dan kamu orang yang suka banget berpetualang maka sangat reccomended deh untuk trekking Danau Taman Hidup.


Sesuai dengan namanya, Danau Taman Hidup merupakan  sebuah danau yang berada di Lembah Gunung Argopuro, danau ini dikelilingi oleh padang ilalang yang luas,  jadi danau ini kelihatan sangat indah dan juga konon danau ini  menyimpan berjuta misteri. Danau ini dulu dari cerita penduduk lokal adalah termasuk tempat favoritnya Dewi Rengganis (putri kerajaan Majapahit) beserta dayang-dayangnya untuk tempat mandi atau bersantai. 


Kalau hanya untuk menuju danau ini tanpa ke Puncak Argopuro, kita bisa mulai start dari Desa bremi, Kecamatan Krucil, Kota Probolinggo, dengan berjalan kaki kurang lebih 6 jam untuk menuju Danau ini, dengan trek menanjak.


Tahun 2017 gue sempat mampir ke danau ini, pas menyusuri trek Argopuro lintas Baderan - Bremi... Dan danau inilah yang jadi penutup landscape indah cerita pendakian kala itu. Sekaligus dengan rekan pendakian yang sangat mengagumkan. Ngopi, mandi, foto-foto, sharing, dan ngehabisin logistik kami lakukan sewaktu camp di area danau taman hidup, karena hari terakhir pendakian kala itu.


Sekali lagi, Landscape danau ini sangatlah indah. Ilalang yang luas, dan suasana sunyilah yang membuat danau ini kelihatan cantik, dan sangat instagramable banget, belum lagi kalau kabut turun saat senja, eksotisnya bertambah manis.




Selain boleh untuk mengambil gambar, Kamu juga boleh untuk mengambil air di dalam danau untuk keperluan camp, gue aja mandi, tapi ya gitu, airnya  dingin dan hati-hati karna dalam. Di pinggiran danau terdapat sebuah dermaga tua yang sedikit rusak namun keberadaan dermaga inilah yang ngebuat danau taman hidup semakin mistis dan ekaotis. Entah kenapa hawa kadang berbeda saat kita menyendiri di dermaga ini. Ya sore itu gue sempat duduk-duduk disini sambil ngelihat pemandangan sewaktu mengambil air, tenang sunyi dan ahhh sulit menggambarkannya.

Ohya, Menjelang sore hari di Danau Taman Hidup udara akan terasa dingin karena turunnya kabut putih pekat menutupi sebagian danau dan sekitarnya. Malam harinya akan terdengar suara nyaring dari kumbang yang tinggal di pohon, bulan akan kelihatan jelas dan langit akan begitu indah karena adanya berjuta-juta bintang menempel disana (kalau cuaca cerah). Pas matahari terbit di balik bukit, Danau Taman Hidup akan terlihat begitu indah, sunrise yang mengagumkan, nggak rugi deh kesana.





Ohya, Dewi Rengganis kan dipercaya sebagai penunggu danau ini dan juga penunggu Gunung Argopuro. So, ketika berkunjung ke danau ini, pendaki nggak boleh teriak-teriak dan membuat kegaduhan. Karena katanya ntar sang Dewi Rengganis marah. Kemarahan Dewi Rengganis ditandai dengan adanya kabut  yang datang tiba-tiba serta turunnya hujan.


Debit air di Danau taman hidup akan meluber hingga tepian hutan ketika puncak musim penghujan dan akan menyusut saat kemarau panjang. Panorama danau yang indah dan suasana yang masih sepi bisa kita jadikan tempat untuk menghilangkan penat sekaligus merefleksikan diri. Saat terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah pas musim penghujan mulai berhenti dan masuk musim kemarau.


Overall... Danau Taman Hidup, suasananya yang tenang akan selalu gue rindukan dan kenang. Biarlah Misteri, kemistisannya jadi keistimewaan yang indah di tiap tiap jiwa yang mengunjunginya dan nggak usah dipertanyakan, datanglah, karena danau Taman Hidup akan selalu menunjukan pada kita apa yang membuatnya sangatlah istimewa.




0 komentar:

Posting Komentar

Thanks ya udah mampir baca... share, like, dan komen juga boleh :)