Sabtu, 28 Maret 2020

APLIKASI GPS OFFLINE UNTUK MENDAKI GUNUNG





Salah satu cara melakukan navigasi darat ketika berada di alam bebas atau ketika dalam pendakian secara manual, biasa dilakukan dengan menggunakan kompas, peta atau tanda alam yang ada di sepanjang jalur




Namun di era kemajuan digital salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi disorientasi atau tersesat adalah membawa penerima GPS sewaktu di alam bebas. Bukan berarti kamu harus membeli perangkat seperti handheld Garmin. Di zaman digital ini, ponsel pintar yang kamu genggam sehari-hari bisa kamu jadikan penerima sinyal GPS.





Salah satunya adalah berbagai aplikasi GPS navigasi offline yang tersedia di playstore, cukup membantu kala bertualang. Dengan membuka track log peta yang udah banyak tersedia tentang jalur pendakian gunung, kamu dapat lebih leluasa memperkirakan jalur. Saatnya istirahat dimana, masih jauh nggak, berapa lama lagi, berapa jauh lagi pos di depan. Dan yang terpenting mengetahui posisi kita berada di jalur yang tepat atau nggak.





Dulu saya memakai oruxmap, dan sekarang memakai view ranger yang cukup akurat untuk menyusuri jalur (offline). Dan altimeter untuk mengetahui seberapa cepat kita berjalan dan berada di ketinggian berapa. Hal ini cukup membantu, untuk memperkirakan berapa lama lagi kita sampai di pos selanjutnya.




Jadi ponsel pintarmu nggak hanya pintar untuk mengambil gambar, atau video. Karena kita nggak pernah tau yang terjadi di alam bebas, begitu juga hal tak terduga disana.


Ohya tambahan jadi ketika ada yang kita tanya, masih jauh gak pos selanjutnya. Deket kok tinggal berapa tikungan aja. Dan ternyata setelah ngebuka track log masih banyak tikungan. Disitu kadang rasanya pengen cari tempat camp mulu.


Ohya buat kalian yang mau nyari aplikasi view ranger, orux map, altimeter, kompas, dll bisa langsung ke google playstore di hpmu ya. Untuk teknis penggunaan APK nya kalian bisa googling lagi, misal kayak penggunaan view ranger (sudah banyak yang membuat artikelnya kok).

Selamat bertualang dan jadilah pendaki yang cerdas!!


0 komentar:

Posting Komentar

Thanks ya udah mampir baca... share, like, dan komen juga boleh :)